Brebes berhias, Ceritaku, info kuliner, kuliner Brebes, My Journal

Info kuliner_ Si bolang_Makanan-makanan yang harus kamu coba setiap ke Brebes

Berbicara masalah kuliner, aku pasti orang terdepan yang akan menuju barisan utama. Apalagi jika sudah menyangkut Brebes dan makanan-makananya. Paling terapih dibarisan jawabanya. Cuma sekarang ditunda dulu, karena jarak memaksa aku untuk melakukanya.

Ditanya rindu apa nggak sama rumah, keluarga, kampung halaman, iya sudah pasti rindu. Terutama pada makanan-makananya. Makanan-makanan yang jarang bisa aku temukan di Negeri Orang yang aku tinggalin sekarang. Kalau rindu rumah, keluarga dan kampung kan bisa VCan sambil lihat-lihat. Tapi kalau rindu makanan kan cuma bisa ngemut jari, karena nggak ada obatnya. Iya mending kalau bisa masak sendiri ya. Lah aku, masak telor aja kadang asin 😩

Dibawah ini πŸ‘‡, adalah daftar makan-makanan yang selalu bisa ngebuat aku baper eh maksudnya laper setiap megingatnya haha

Bakso, Nasi lengko, Nasi ponggol, Sate, Mie Ayam dan Ikan Tongkol bakar 

uuhhh ngiler terus sudah bawaanya. Apalagi Bakso-Prima-Sari-Jatibarang no. 1 makanan terfaforit yang ada di Pasar Jatibarang sana. Mantap gila rasanya 😍 Rasa yang selalu bikin nggak pengin pulang, eh maksudnya selalu bikin nambah πŸ˜†

BAKSO

Bakso Prima Sari Jatibarang itu adalah bakso favourite dari aku kecil hingga sekarang. Pokoknya kalau diajak makan atau mau makan saat bepergian daerah Jatibarang, pasti ke Bakso Prima jawabanya. Biarpun banyak yang mengenalkan aku pada tempat dan bakso-bakso yang lain, tapi rasanya masih jauh buat ku. Iya mungkin selera juga si ya ngikutnya, jadi nggak bisa juga menghakimi.

NASI LENGKO

Namanya orang Brebes yang identik suka makanan-makanan pedas, gurih dan asin, nasi-lengko-khas-brebes ini memang selalu juaranya. Nasi yang top markotop tapi nggak akan sampai nguras kantong. Hanya dengan kamu mengeluarkan uang 10ribu saja sudah mendapatkan sepiring nasi lengko + gorengan + minuman. Dan kembalian juga pastinya. Nikmat mana yang mahu kamu dustai ayooo πŸ˜…

NASI PONGGOL 

Selanjutnya, Nasi Ponggol (Nasi Bungkus Pagi). Nasi ponggol yang selalu kerindukan disetiap pagi 😍 Tapi biasanya si Cuma di kampung-kampung saja kamu bakal nemuin Nasi Ponggol Ini, soalnya kalau di jakarta itu adanya Nasi Uduk (Nasi bungkus pagi). Nasi yang berbungkuskan daun jati beralaskan koran, itu biasanya yang dipake buat mbungkus Nasi Ponggol. Sederhana tapi semmmpurna. Satu suapan saja, sudah bikin jatuh cinta pokoknya. Apalagi kalau pas laper, orang lalu lalang didepan aja lewat. Eh tunggu deh, orang namanya orang jalan iya bener lewatlah ya haha kadang-kadang aku ini juga. Dan Nasi Ponggol yang selalu dihati, iya Nasi ponggolnya Mbok Jasem sama Bi Ri’ah pastinya πŸ˜—. Tapi nggak tahu sekarang beliau masih jualan atau nggaknya. 

SATE

Kalau Sate, jujur aja sejauh ini aku belum nemuin tempat makan sate yang “Best” di hati. Jadi dimana-mana tempat aja jawabanya (nggak bisa ngrekomendasiin). Yang penting si, Satenya sate ayam, atau kambing. Kalau yang lain aku nggak begitu suka. Iya itu tadi, selera. Tapi kamu juga bisa icip-icip kupat-glabed-amp-sate-blengong yang ada di Alun-Alun Brebes, yang rasanya sudah nggak diragukan lagi.

MIE AYAM

Berhubung makanan berikut adalah Mie Ayam, ini aku mau ngerekomendasiin Mie Ayamnya Om Likin. Tempat makan mie ayamnya emang hanya gerobak keliling yang biasa kamu-kamu temukan dipinggiran seperti pedagang kaki lima. Tapi rasanya cup wah pokoknya. Letaknya itu di kampungku. Tepatnya di desa Kebogadung,_Jatibarang,_Brebes. Iya memang pelosok si, tapi Alkhamdulilah sudah maju ko. Jalan yang beraspal, dan lingkungan yang bersih lagi asri. Kalau pas kalian mampir atau pas lewat ke desaku. Calling- calling saja ya. Siapa tahu aku bisa jadi Tour guide kan lumayan haha nggak lah, becanda ya. Sudah pastinya saya welcome dan kenalin ke Mie Ayam yang satu itu πŸ‘† Nggak pake sungkan!

IKAN TONGKOl BAKAR

Yes, sampai nih. Ke menu makan malam yang biasanya aku dan keluarga pakai setiap Mamah nggak masak. Ikan Tongkol bakar kesukaan dan kesukaan Papah si sebenarnya. Soalnya dulu Papah yang ngenalin ini Ikan Bakar ke aku. Eh tahu-tahunya malah jadi kesenengan sampai sekarang. Malah kalau setiap matahari sudah hampir hilang dan kita lagi membicarakan masalah makan malam, pasti aku dan Papah yang akan duluan membunyikan enjin motor. Iya untuk apalagi, sudah pasti beli Ikan Tongkol bakar. Tapi nggak bisa ngenalin juga nih sama tempat Ikan Tongkol bakal favouritku, soalnya lupa daerah mana. Maklumlah, kan setiap jalan aku nggak pernah nginget mana-mana jalan. Nasib pembonceng πŸ˜₯

Note: Jangan lupa juga coba telur-asin-nikmat Khas Brebesnya ya kalau pas kamu-kamu ke Brebes. Telor Asin yang asli lagi berkualitas. Bisa juga buat oleh-oleh orang-orang rumah lho.  Iya pokoknya nggak nyesel deh menikmati liburan atau hobi kekulineranmu saat menjelajah ke Brebes bersama makanan-makanan ini. Sudah harganya murah, enak lagi.

Tunggu ap lagi? Ayo mulai packing untuk menjelajah ke Brebes, dan nikmati makanan-makanan khasnya πŸ€—

Leave a Reply

