Pena Berdialog

Ceritaku, ceritapilu, kecewa, si cupu Dan si gaul, Uncategorized

Surat terbuka untuk “sahabat” – karena cerita kita takan lagi sama

Untukmu, yang pernah kupercayai.

Nggak tahu, aku memang bingung harus darimana untuk menjelaskan perasaanku saat ini kepadamu, sahabat. Tapi yang jelas, aku nggak marah sama kamu. Bahkan sifat marah itu sepertinya memang aku sudah lupa, untuk apa, untuk waktu kapan, dan untuk siapa. Sebab kata ini juga memang jujur pernah aku katakan pada “dia”, seseorang yang sudah entah bagaimana kabarnya sekarang. Tapi aku tidak sedang membanding-bandingkanmu dengannya, tidak. Karena kalian berbeda. “Dia” adalah “tamu”. Dan kamu adalah seorang sahabat sekaligus orang yang aku hormati sebagai orang yang lebih tua dariku. Cuma memang ada kesamaan si. Sama-sama orang yang telah mengecewakanku. Biarpun dengan berbeda cara dan alasan. Hingga membuat aku sudah memberi “kartu merah” buat percayaku terhadamu. Sama halnya yang aku lakukan kepadanya.

Kamu tahu nggak? Minggu kemarin, setelah aku meninggalkan tempat PUB. aku bertembung dengan orang-orang yang menyeringai seperti setan kelaparan kearahku. Berasa diri ini seperti seekor itik kecil yang hanya mampu menggigil melihat tingkah-tingkah mereka yang sedang mainin seekor Ular. Hampir-hampir aku terpelanting saat mereka mau melemparkan ular itu ke arahku. Padahal mereka sudah tahu aku sedari tadi memang sudah takut. Mencoba selalu mencari ruang pada orang-orang yang lalu lalang agar aku bisa menghindari dari melihatnya langsung. Meski aku juga tidak tahu yang Ular itu asli atau hanya mainan. Karena yang aku tahu, mau itu sungguhan atau bohongan, Ular adalah binatang yang paling aku takutkan. Dan kamu juga tahu tentang hal itu. Karena baru 2 jam sebelum kita berpisah yang lalu aku memberitahukanya padamu (ditempat hiking). Tapi ternyata wajah takut yang aku pamerkan kepada mereka malah membuat mereka ketagihan untuk mengerjakanku, hingga pas aku sudah mencoba lari di atas escalator Ular itu dilemparkan ke arahku. Aku menjerit, malah hampir saja memeluk laki-laki yang berdiri di depanku ketika itu. Tapi untung saja aku masih bisa mengontrol diri dari melakukannya. Namun aku tahu, dia tetap saja merasa kaget, karena aku sudah pun menyentuh punggungnya. Dalam keadaan kalut Itu, aku sempet dapat melihat yang lelaki itu tersenyum ke arahku, setelah aku mengucapkan kata “sorry”. Mungkin jawaban bagi kata sorry ku tadi. Fikirku.

Aku bergegas lari meninggalkanya tanpa sebarang reaksi dan cepat-cepat menuju kepintu keluar. Meninggalkan tempat itu dengan segera mungkin. Karena berada didalam tempat maksiat Itu, sungguh. Dadaku seperti mau tercabut. Apalagi mengingat segala muntah-muntahan yang aku lihat sebentar tadi di toilet, bunyi musik bising yang aku dengar dari luar dan ditambah lagi aku melihat seorang cewek yang dipapah teman-temanya karena mabok. Ah, aku memang bodoh. Begini nih efek terlalu mengikutkan kata hati (rasa tidak enak) akhirnya susah sendiri. Hatiku tidak henti memarahi kelalaian diriku sendiri disepanjang perjalanan itu. Pikiranku pula sudah asyik memikirkan alasan yang tepat untuk pamit pulang, tapi jangan sampai membuatmu jauh hati. “Ah, bodohlah kamu. Dalam rasa takut kaya gini pun kamu masih saja memikirkan perasaan teman yang tidak langsung memperdulikan kamu. Kamu memang bodoh.” Suara parau itu terus-terus saja membuatku tidak keruan, antara emosi dan rasional. “Sudah biarkan. Toh kamu nggak masuk juga sudahnya. Lagipun salah kamu juga kan. Udah tahu ragu untuk ikut dia dan temanya ke tempat maksiat itu tapi tetep aja kamu ikut.” Aku mengangguk, mengiyakan kata-kata itu. Jika dia memang tidak langsung bersalah dalam hal ini. Dan akhirnya aku pun akur. Mengirim sebuah pesan bohong, bilang kepadamu yang aku harus menemui temanku. Dan nanti akan langsung pulang. Kamu pun membalasnya dengan mengatakan “Ok”. Padahal jujur waktu itu aku masih belum jauh dari tempat PUB, bahkan mata-mata singa kelaparan pun masih saja ada yang menancap kearahku. Yang membuatkan aku seram sejuk. Membuatkan aku rindu “dia” seseorang yang dulu selalu melindungiku dari tatapan-tatapan seperti itu. “Udah jangan Baper, nggak ada waktu lagi. Sekarang kamu itu cuma sendirian. Jika bukan kamu yang menyelamatkan diri sendiri, siapa lagi?” Kata-kata hatiku menyadarkanku dari kelalaian, yang membuatkan aku langsung melajukan langkah. Tidak memperdulikan lagi pandangan-pandangan yang menuju kearahku. Mungkin mereka fikir aku bukan wanita baik-baik karena baru saja keluar dari mall yang jelas dipenuhi “Dunia gelap”. “Ah peduli apa, mereka bukanya tahu pun apa yang sebenarnya terjadi.” Aku meyakinkan hatiku dari terus baper. Dan memilih blah saja tanpa perasaan. Berlaga kuat padahal hati sedari tadi menyanyi-nyanyi pilu 😑

Jujur, itu adalah pertama kalinya aku merasakan takut yang luar biasa hebatnya. Sebuah kejadian yang selalu membuat aku menggigit bibir dan memukul-mukul bantal dikamar karena menahan kesal saat melihatnya di layar TV. Tapi hari itu ternyata aku telah dapat melihatnya dengan secara langsung. Dan itu karenamu. Malah kejadian itu seperti kaca pembesar saja dalam ingatanku. Yang semakin aku dekatkan, semakin membuat aku sadar. Jika sahabat itu memang hanya ada dalam gelaran, tapi tidak dalam kenyataan. 

Kamu tidak tahu kan, bagaimana takutnya aku keluar sendirian dengan keberanian yang ada meski itu hanya sedikit cuma. Ah, bagaimana mungkin kamu tahu, jika janji waktu di jalan yang kamu bilang akan selalu menjagaku saja lupa setelah aku lihat kamu tertawa sambil menari-nari di depan laki-laki yang menjaga pintu masuk PUB itu, tanpa melirik ke arahku walah hanya sedikit untuk sekedar memastikan yang aku memang keluar dengan selamat. Ah, sudahlah, lupakan saja. Toh buktinya aku masih bisa menulis lagi sekarang ini. Dan sudah sempet chatting juga sama kamu kemarin kan. Malah sempet juga memaafkan tindakanmu, meski pada akhirnya kamu mengucapkan “kata” yang aku tidak habis fikir. Tapi siapa aku untuk mengejudgemu. Malah untuk marah denganmu pun itu jauh lagi.

Tapi aku harap, lain kali kamu bisa lebih mempunyai sikap Tanggung jawab di manapun itu dan tentang apapun itu juga kepada siapapun itu. Dan semoga setelah membaca surat terbukaku ini kamu bisa mengerti jika nanti sikapku berubah kepadamu. Kita memang akan selalu menjadi teman sama seperti aku mengagap kamu dan teman-temanku yang lain, tapi untuk menjadi seorang sahabat. Maaf, rasanya aku tidak cocok untuk bersahabat dengan orang gaul sepertimu. Seperti yang pernah kamu bilang kemarinlah, aku adalah orang yang cupu.

Dan sekali lagi aku katakan, aku beneran nggak marah sama kamu. Aku hanya kecewa, kecewa karena kamu lebih memilih pura-pura bodoh dengan raut wajah takutku waktu itu.

Dariku, yang pernah mempercayaimu

about book, Ceritaku, kesukaan

Review buku Api Tauhid_ Habiburrahman El Shirazy

Novel yang penuh inspirasi lagi mengundang jiwa. “Tiada yang lebih indah selain kita bisa mendapat berkath 2 dalam 1.” Itulah yang akan kalian dapat setelah membaca novel yang mempunyai 573 halaman ini.

Buku yang sangat layak dimiliki, baik bagi penggemar novel, penggemar dan pemerhati sejarah, pemerhati Timur Tengah, akademisi, mahasiswa, maupun peminat studi tentang Turki. Dalam novel sarat makna ini, tidak hanya satu cerita yang disuguhkan, tapi dua: kisah percintaan Fahmi (tokoh utama dalam Novel) dan sosok teladan dari Syaikh Said Nursi (ulama dan mujahid yang tak lekang oleh masa.).

aboutfuture, aboutlove, cerita wanita, inspirasi

7 cara membuat wanita jatuh cinta

Membuat wanita jatuh cinta itu sebenarnya kamu nggak perlu menjadi orang kaya atau bernama, cukup keihklasan dan keniatan hatimu saja bagaimana. Karena pada hakikatnya setiap manusia itu Sama. Sama-sama inginkan kebahagaian yang sempurna. Tidak laki-laki ataupun wanita. Kita semua sama.
Wanita itu memang identik agresif, sensitive tapi penuh ego. Jadi jangan terburu-buru atau coba untuk memaksanya untuk jatuh cinta padamu. Bisa-bisa dia akan berpikir bahwa kamu putus asa sebelum berjuang dan dia akan kehilangan ketertarikan kepadamu. Ingatlah bahwa sikap terhegeh-hegeh untuk membuatnya jatuh cinta denganmu itu bukanlah ide yang bagus. Tunjukan saja yang kamu memang serius dengannya. Dengan itu semua pasti akan berjalan lebih mudah, Insya allah.

1. Dekati perlahan-lahan. Cobalah untuk menjadi temannya dan mengenalinya lebih jauh sebelum mencoba menjadikannya sebagai kekasih. Yang penting nikmati semuanya dengan santai. Jangan pernah mengatakan kepadanya bahwa kamu mencintainya sebelum kamu bisa membuatnya tertawa saat bersamamu atau sudah mengenalinya dengan lama. Kamu harus lebih sabar dari menyatakan perasaanmu, sampai kamu benar-benar berhasil membuatnya nyaman dan merasa selamat berada disisimu.

2. Ajak dia berbicara. Untuk membuat seorang wanita menyadari keberadaanmu, kamu harus bisa lebih sering mengajaknya ngobrol bareng. Kamu tidak harus memiliki alasan yang bagus ko untuk berbicara dengannya, apalagi membicarakan sesuatu yang sebenarnya itu tidak pernah ada (kebohongan). Iya emang susah si terkadang untuk membuka obrolan, apalagi dengan orang yang kamu suka. Tapi demi bisa bersama dia, semua itu bisa dong ya dipinggirkan. Asal jangan pernah mencoba tunjuk wah saja didepanya, karena itu hanya akan membuatnya naik bosan dan meninggalkanmu detik itu juga. Cari saja sedikit alasan untuk memecahkan keheningan, seperti; “gimana aktifitas hari ini?” Atau bisa juga kamu mencoba ceritakan tentang hal-hal lucu yang terjadi dikehidupanmu. Cerita tentang masa kecilmu pun boleh. Dengan itu tanpa kamu sadari, kamu telah mencoba terbuka denganya. Pasti besok-besoknya kamu akan lebih merasa mudah untuk ngobrol dengannya. Percaya deh!

3. Berikan dia pujian tapi jangan ngegombal. Sesekali, setiap kamu tahu dia telah memenangkan lomba atau mendapat pekerjaan baru. Ucapkanlah selamat sambil memberi pujian sedikit didalamnya. Pujian yang biasa tapi tulus adalah cara yang tepat untuk membuat seorang wanita merasa lebih dihargai. Hanya saja, pastikan bahwa pujianmu itu ditujukan secara langsung dan bijaksana. Seadanya dan sekali-sekala saja, jangan yang berlebih-lebihan dan terus-terusan. Karena tidak semua wanita itu suka di puji sebenarnya. Jadi harus lebih berhati-hati.

4. Menjaga penampilan. Penampilan bukanlah hal yang paling dipentingkan oleh wanita, tetapi tampak rapi dan harum akan membantunya melihatmu sebagai orang yang disegani. Biarpun dia bisa menerimamu sebagai teman dengan apa adanya, bukan berarti kamu bisa berpakaian “bebas” atau terlihat tidak terurus. Tunjukan kepadanya bahwa kamu juga memiliki gaya dalam penampilanmu sendiri. Tapi sederhana itu lebih dari baik si sebenarnya, karena tidak semua wanita suka pada lelaki yang “rumit” atau alay. Lakukan sebiasa dan senetral mungkin saja.

5. Menjadi pendengar yang baik. Menjadi pendengar yang baik adalah hal yang penting jika kamu ingin membuat seorang wanita jatuh cinta. Untuk menunjukkan bahwa kamu itu memang benar-benar memperdulikannya bukan hanya menginginkanya. Pastikanlah untuk selalu memberi tanggapan, “Yes, owh, begitu, wah dan lanjutkan” setiap dia bercerita meski kamu tidak mengerti dengan apa yang sedang dia bicarakan. Berikan juga motivasi saat dia bersikap seperti sedang merasa down. “It’s Ok, everything will be alright” “I am with you”. Mungkin kedengaran sangat sederhana, tapi cara seperti ini sangat lebih diambil kira oleh wanita jika ingin kamu tahu. Daripada kamu mengajaknya jalan ke Mall atau memberikan hadiah-hadiah mahal hanya untuk menyenangkan hatinya yang sebenarnya tidak begitu dibutuhkan.

6. Beri dukungan kepadanya. Menunjukkan besarnya dukungan kamu setiap dia melakukan sesuatu juga bisa meyakinkannya bahwa kamu pantas menerima cintanya. Lakukanlah hal-hal kecil untuk menunjukkan bahwa kamu adalah pria yang bisa diandalkan. Sebagai contoh, dia bercerita kepadamu hari ini ditempat kantor mendapat tender besar tapi dia merasa tidak yakin bisa melakukanya. Kamu bisa mencoba memberikan semangat seperti, “you are the best” “you can do it” untuk membuatnya semangat dan yakin kembali. Carilah cara-cara sesuai kemampuanmu untuk memberikan dukungan dan dia pasti akan menghargainya.

7. Bersikaplah sopan dan penuh perhatian. Walaupun beberapa wanita tertarik pada pria “gaul”, pria yang penuh perhatian akan menjadi kekasih yang jauh lebih baik. Pastikanlah untuk menunjukkan kualitasmu sebagai kekasih bahkan sebelum jadian. Jangan sekali-kali berkata kasar dan kotor meski saat bercanda. Sebab sebagian wanita meski dia mempunyai selera humor, dia akan sensitive terhadap hal-hal kecil seperti ini. Tunjukkan sikap yang baik, berlembut dengannya, dan berlakulah baik juga kepada orang lain bukan pada dirinya saja. Dengan begitu dia akan menyadari kelebihanmu dan akan lebih merasa ingin selalu dekat denganmu. Dan jika menurutmu momentnya sudah pas, beritahu dia bagaimana perasaanmu yang sebenarnya kepadanya. “Beritahu dia betapa kamu bahagia setiap menghabiskan waktu bersamanya”.

Jika selama berdekatan dia selalu menunjukan sikap yang positive kepadamu, bisa juga mungkin dia merasakan hal yang sama terhadapmu, tetapi kamu harus menyatakannya pada waktu dan tempat yang sesuai. Agar dia bisa lebih merasa yakin dengan perasaanmu. Tapi jangan baper juga, sebab tidak semua yang kamu lihat itu benar adanya, begitu juga setiap sikap baik orang lain terhadapmu. Mungkin saja dia memang sifatnya begitu, tidak ada yang tahu.

Note: Jangan pernah marah didepannya jika dia menolakmu atau ternyata dia tidak menyukaimu. Mungkin dia memang bukanlah wanita yang cocok untuk kamu. Bukan seseorang yang benar-benar Tuhan kirim buat kamu. Inget saja selalu, jika cinta itu tidak bisa selalu memiliki dan tidak bisa dipaksakan. Kalau nggak bisa jadi pacar, bertemankan juga masih bisa. Tapi mudah-mudahan si semua berjalan sesuai harapanmu ya! Good luck 🖒

Adventure, liburan, Singapore trip

SINGAPORE BERCERITA-INFO LIBURAN

LIBURAN KE SINGAPURA? JANGAN LUPA KE SENTOSA ISLAND DONG YA!

Emang nggak afdol lah, kalau liburan tapi nggak membagi cerita. Apalagi kalau tempat yang kita kunjungi memang harus dibagi, agar lebih berkesan dan lebih “sesuatu” pastinya.

Kali ini saya mau berbagi tentang tempat liburan yang sudah nggak asing bagi siapapun orang yang kerja di Singapore atau yang suka liburan ke Singapore. Iaitu Sentosa Island. Iya maaf sajalah sebelumnya, kalau saya lebih sering ngreview Negara orang ketimbang Negeri sendiri, bukannya apa. tapi karena posisi saya sedang di LN itulah kenapa saya lebih banyak ngreview tempat-tempat wisata di LN, nanti kalau sudah balik ke Indonesia juga pasti saya akan berbagi tentang keindahan di Indonesia ko Insya Allah. tunggu aja ya 😉

SENTOSA ISLAND

Sentosa adalah tempat wisata yang paling terkenal di Singapore, karena disana kalian bisa menemukan banyak tempat-tempat bagus seperti, Imbiah lookout, siloso point, kawasan pantai dan Resort World Sentosa (RWS) dan patung merlion ke dua setelah patung merlion di Marina Bay, tanpa perlu membayar. Paling cuma bayar sekali saat kalian mau pakai monorail dari vivo city mall. Yang penting siap-siap kaki saja buat muter-muter. Tapi memang nggak semua gratis juga si, paling sebagian-sebagian aja. Seperti Luge, Cable car, Univer Studio, I-fly dan masih banyak yang lainya itu bayar. Ada juga yang bisa kalian lihat saat malem hari, iaitu Wings Show. pertunjukan yang ada di atas laut, yang pastinya belum kamu temukan di Indonesia. Karena untuk bilang “dimanapun” saya juga tidak yakin he he sorry.

Bagaimana sih kalau mau ke Sentosa Island?

resort-world-sentosa-singapura6
Resort World Sentosa (RWS) Singapore

Ok, jawabnya mudah saja, bagi kamu yang belum pernah ke Sentosa dan tinggalnya bukan di dalam Hotel Sentosa, kalian bisa naik MRT (nama kereta di Singapore). Pokoknya dari manapun kalian datangnya (line hijau, ungu, merah, biru) kalian harus mencari jalur untuk bisa ke Harbourfront. Yang lebih tepatnya kalian harus mencari line Kuning. Karena disanalah kalian akan menemukan jalur yang akan membawa kalian ke Harbourfront.

Dan kalau kalian sudah sampai di Harbourfront, disana akan ada beberapa pilihan untuk kalian ke Sentosa Island. diantaranya, jalan kaki melalui Sentosa Broadwalk, naik bis RWS8, naik monorail Sentosa express dan naik cable car. Tapi karena saya selalu memakai monorail express jadi saya akan share yang lewat monorail express atau bisa disebut juga Express Sky Train. lagipun memakai monorail Express memang cara yang lebih banyak di pilih sama orang-orang, iya mungkin karena cepat dan mudah si ya. Nggak harus buang-buang tenaga untuk berjalan lama.

Dari Harbourfront kalian langsung saja pergi ke Vivo city mall lalu pergi ke lantai 3 dari exit E. kalian dapat menggunakan Sentosa Express Sky Train dengan membeli tiket seharga SGD $4. Tapi kalau kalian tidak mau mengantri lama, kalian jga bisa menggunakan EZ-link card. caranya juga mudah ko, sama saja seperti selayaknya kalian menggunakan saat keluar masuk MRT. Setelah kalian naik Express Sky Train kalian bebas dah tuh mau trun dimana aja atau mau pulang jam berapa aja, asal inget, Sentosa Express Sky Train ini cuma beroperasi sampai 24:00 saja ya, jadi jangan karena keasikan main lalu kalian lupa pulang :/

Bagi kalian yang tinggal di Resort World Sentosa RWS juga bisa saja lewat Sentosa Boardwalk. iaitu jalan kayu sepanjang kurang dari setengah kilometer yang melintas diatas laut. Dengan pemandangan laut yang indah kalian dijamin tidak akan merasakan penatnya perjalanan. Disamping itu, kalian dapat menggunakan travellator atau tangga jalan datar, alternative selain jalan kaki. Itulah yang saya inget waktu dulu pernah nyoba untuk lewat jalur Singapore Broadwalk, cuma kalau sekarang saya kurang pasti apakah masih sama atau sudah berubah.

ok. Sampai disini dulu sharingan dari saya, semoga berguna bagi kalian atau siapapun yang mau berlibur ke Sentosa saat liburan di Singapore supaya tidak bingung-bingung lagi. Kalau kalian masih takut nyasar juga, dibawah ini ada peta untuk kalian lihat atau download agar lebih mudah.

sentosa-island-map
Setosa Island Map

Dan o iyah lupa, bagi kalian yang suka pemandangan bawah laut, area Siloso sangat cocok lho. Kalian dapat ke Sea Aquarium, Adventue Cove Waterpark dan Laguna Lumba-lumba. Bagi kalian yang suka Hiking juga bisa ke Macritchie tree top walk Singapore, yang di jamin nggak akan nyesel meskipun harus berjalan sekitar 6-10km.

7hari menulis, aboutlove, Catatanku, cintadalamhati

Surat Cinta untuk “kekasih” 

Untukmu, yang telah membuat malamku hilang.

Hai kamu, apa kabar? Masih inget sama aku nggak? Si cewek basah kuyup he. he Itukan yang kamu lihat dariku malam itu. Iya kalau memang tidak inget, tidak apa ko. Lagipun aku hanya orang asing yang tidak sengaja mampir ke tempatmu. Anggap saja memang senyumanku malam itu adalah hadiah perkenalan kita. Yang kamu bilang itu, “Manis”.

Sebenarnya aku tidak tahu bagaimana untuk memulai semua kata yang ingin kusampaikan kepadamu. Kata yang selama ini aku simpan kemas dalam hatiku, tanpa sesiapapun orang yang tahu. Mungkin akan kedengaran lucu si jika kamu mengetahuinya. Tapi aku juga sudah tidak bisa untuk menahan semuanya lagi , itulah kenapa aku memutuskan untuk menulis surat ini demi menghindari malu. Iya meski mungkin tetep saja kamu nggak akan tahu kalau kamu nggak buka blogg aku ini. Setidaknya, ada kelegaan dihatiku untuk bernafas lebih bebas dari selalu. Lagipun waktu kita bertemu, aku hanya mampu menunduk dari bertembung mata denganmu. Jadi mana mungkin juga aku harus menunggu sampai pulang lalu mengatakan semuany kepadamu. Rasanya cuma menghabiskan waktu saja. Namun, jika seandainya benar mungkin kamu membuka bloggku lalu menemukan tulisan ini, aku harap kamu tahu, yang surat ini memang aku tuliskan hanya untukmu. Untukmu, yang telah membuat malamku hilang.

Jujur kukatakan. Setelah perpisahan malam itu, setiap hari kerjaanku hanya merindukanmu. Mencoba menerka cara pemikiranmu, membayang cara bicaramu, mengingat cara perlakuanmu saat bermain dengan ponakanmu. Semua, semua yang hanya tentangmu. Bahkan sejak pertama kali aku bertatapan denganmu malam itu, hatiku sudah mulai merasa ada yang berbeda, tapi aku tidak tahu itu apa. Semakin aku mencoba membuangnya, perasaan itu semakin saja membuatku ingin selalu merinduimu. Hatiku juga sepertinya sudah mulai memanggil indah namamu, yang senantiasa mengganggu waktu lelapku. Pikiran yang tidak kalah hebatnya, juga selalu saja dipenuhin pertanyaan-pertanyaan aneh sekarang-sekarang ini. Seperti, “Kamu masih single apa sudah punya pacar?” “Kamu lagi ngapain yah sekarang?” “Kamu bakal inget aku nggak nanti jika Tuhan mengijinkan kita bertemu lagi?”  Dan masih banyak lagi pertanyaan-pertanyaan aneh yang lainya. Yang tidak pernah kamu habis pikir pastinya. Hingga terkadang aku tersenyum sendiri dengan tingkahku yang aku rasakan itu sangat konyol. Rasa ingin ketok kepala sendiri pun ada setiap punya pikiran yang ingin kembali pulang dan menemuimu. Atau paling tidak hanya untuk sekedar bertanya kabar denganmu. Bukankah itu gila namanya.

Maaflah, jika semua yang kuceritakan padamu tentang tingkahku sudah keterlaluan dimatamu. Tapi apa dayaku, jika mata kita memang pernah beradu pandang malam itu, dengan tatapan yang sulit untuk ditafsirkan oleh sang waktu. Lalu mencipta rindu yang aku sendiri tidak tahu bagaimana untuk menyampaikanya padamu.

Kini, berjalanya waktu. Perasaan itu rasanya semakin besar saja kepadamu. Apalagi setiap aku lagi on di BBM atau WA lalu melihat namamu terpampang disana. Rasanya ingin saja aku membuka contact namamu itu lalu menulis sebuah pesan disana. Pesan tentang perasaan yang sudah tidak bisa lagi aku sua. Tapi hati kecilku berteriak, “Jangan!” Menolak, tidak setuju dengan tindakanku. Yang akhirnya membuat aku kembali diam sambil memikirkan dirimu lagi. Tiba-tiba aku teringat akan kata-katamu dulu, kalau kamu ingin menikah di usia 30 tahun yang tidak lain itu akan datang setelah berakhirnya bulan di tahun ini. Setan pun menghasutku untuk berdoa, meminta jika semua itu jangan pernah sampai terjadi sebelum waktunya aku pulang nanti. Tapi aku cepat-cepat membuang pikiran jelek itu. Karena aku juga sadar, cinta itu mengasihi bukan menyakiti.

Ah, perasaan ini memang pelik. Selalu saja datang pada seseorang yang bahkan tidak mahu melihatku meski hanya sekali. Malah rasanya bahagia saja gitu dengan tingkahmu yang kadang aku juga tidak mengerti. Apakah lumrah cinta memang seperti ini, ataukah hanya aku yang terlalu mengikutkan kata hati.? Hmmm entahlah. Yang aku tahu, aku bahagia dengan rasa ini. Meski aku harus selalu menggadaikan setiap malamku dengan sebuah kerinduan untukmu.

Cinta, terima kasih untuk memory singkat yang kau beri ke padaku malam itu. Memory yang mungkin buatmu itu biasa, namun begitu luar biasa indahnya di ingatanku. Karena kamu telah menjadi yang pertama membuatku “mati” dalam suasana. Kau memberikan aku tatapan penuh makna di penghujung pertemuan kita. Dan yah, jika ingin kamu tahu, aku juga merasa apapun yang kamu rasakan malam itu.

Doaku; semoga keinginanmu untuk menikah di Tahun depan dimudahkan olehNya. Dilancarkan segala urusannya. Dan diberkati hidupnya. Hanya itu yang bisa kulakukan buatmu. Sebuah keikhlasan, dalam Doa untuk bahagiamu.

Dariku, seseorang yang  suka menatapmu dari jauh.